Step by Step : Woman’s Life Illustration

Hi rekan pembaca. Dalam postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit mengenai langkah pembuatan ilustrasi “Woman’s Life”. Saya masih terus belajar membuat ilustrasi. Dan sejauh ini saya amat menikmatinya. Makna ilustrasi ini intinya mencoba menggambarkan kehidupan seorang wanita yang adalah sosok yang luar biasa. Bagaimana mereka dikaruniai kemampuan untuk melakukan banyak hal sekaligus! (walau ilustrasi ini sedikit melebihkan ^^). Selain itu saya ingin mendedikasikan ilustrasi ini untuk kaum wanita di seluruh dunia. Juga terutama ibu kandung saya, kakak perempuan saya, dan Dwi Hutapea. Terlepas apakah wanita yang kita kasihi seorang wanita karir atau ibu rumah tangga. Yang perlu kita pastikan adalah rasa hormat dan kasih kita pada mereka masing-masing.

Kita pria harus menghormati kaum wanita. Pada akhirnya mereka juga ditaruh Tuhan sebagai penolong kaum pria. Terimakasih Tuhan untuk kaum wanita.

Ilustrasi diawali dengan sketsa dengan Photoshop. Berusaha mendapatkan gambaran lengkap yang diinginkan secara cepat.

Pada tahap sketsa ini. Anda benar-benar diperbolehkan menuangkan segala ide, imajinasi, dan maksud terliar Anda. Kadang, kita pun menjadi fleksibel dengan perubahan disana-sini. Dan itu sama sekali tidak salah!

Sejak semula, saya menginginkan sang wanita karir yang juga ibu rumah tangga ini digambarkan berada di dua “dunia”nya. Maka, kertas pun saya bagi menjadi dua bagian. Dimulai dengan memberi warna dasar yang berbeda untuk latar kantor (kiri) dan rumah (kanan). Dan proses pewarnaan pun dimulai dari gambar yang besar ke detail demi detail.

Jika diamati, maka tampak jelas telah terjadi perubahan dari gambar sketsa ke pewarnaan. Dimana seiring proses, saya merasa lebih baik jika sisi wanita karir diberi “tangan lebih” sama halnya dengan wanita sebagai ibu rumah tangga ^^.

Proses pewarnaan dimulai dari sisi kiri gambar. Saya akui, tahap mewarnai detail-detail gambar menuntut kesabaran! Saya masih diproses dalam hal ini. Berikan yang terbaik bahkan di detail-detail tersebut. Nikmati proses, nikmati pewarnaan.

Maka proses terakhir tentu saja mewarnai sisi kanan gambar. Dengan sekali lagi mengedepankan kesabaran, ketelitian, dan berusaha beri yang terbaik, saat mewarnai detail-detail kecil. Total durasi memakan waktu kurang lebih 10 jam. Kritik amat ditunggu!

Advertisements

2 thoughts on “Step by Step : Woman’s Life Illustration

  1. Tigor mau nanya, dulu kamu pernah ngasi tutorial coloring sketch gaya kamu ini, di bagian mana ya? aku lupa hehehe… terimakasih Tigor. GBU 😀

  2. iya Chrisma. Coba cek di bagian kategori “simple tutorial” di blogku. Itu berisi langkah-langkah sederhana pewarnaan gambar dengan photoshop. Intinya sederhana: sketsa, buat layer baru di bawah layer sketsa, kurangi opacity layer sketsa, warnai gambar dgn beberapa layer, terakhir mgkn bisa diberi outline (klo ingin).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s