3D Styrofoam Project

“Kekuatanku datangnya dari Tuhan”.

Saya akui, ini adalah proyek styrofoam pertama saya setelah sekian lama. Terakhir kali saya diberi kesempatan mendesain sesuatu dari bahan styrofoam yaitu di acara Natal kampus beberapa tahun lalu. Jadi, intinya saya tidak diperlengkapi cukup baik untuk mengerjakan proyek ini. Apa alasan saya nekad mengambilnya? Hehe. Saya harus akui, permintaan pemimpin saya yang saya hormati harus saya taati. Selain itu, alasan lain yang lebih tepat adalah karena Tuhan ingin saya mempertanggungjawabkan apa yang Dia beri pada saya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik. Bagi kepentingan orang-orang di luar saya pribadi. Dan sejauh ini kemampuan itu seputar kreasi, kreativitas, atau apapun namanya yang berhubungan dengan ‘art’.

Tuhan Sang Pemberi semua ini. Dikembalikan pada Dia. Untuk Dia. Untuk apa yang Dia anggap baik.

Empat buah styrofoam dengan ukuran panjang 90-95 cm dan lebar 50 cm, serta ketebalan antara 1 s/d 1,5 cm.

Maka “petualangan penuh rintangan namun menantang” ini pun dimulai. Memakan waktu sebulan untuk menuntaskan keempat desain ini. Mengenai fungsi styrofoam ini nantinya akan digunakan sebagai papan menaruh foto-foto kegiatan proyek suatu Non-Goverment Organization milik teman saya. Agar terlihat sedikit menarik, maka permintaan desain pun lahir. Maka tema “3 dimensional design” saya pilih. Harapannya adalah permainan dimensi akan menambah semarak desain.

(Sayang sekali, karena diburu deadline, saya tidak mengambil foto langkah demi langkah proses pembuatan. Tetapi semoga cukup jelas!). Hope you guys like it!

Studio ‘dadakan’ saya 

Senjata andalan saya : doa, hikmat, kekuatan, dan sukacita dari Tuhan. Juga kuas, palet, cat styrofoam, pensil, penggaris, lem, beberapa jenis double tape, styrofoam, kipas angin (untuk mengeringkan bagian yang telah dicat juga membuat saya tetap sejuk!), kertas warna warni, gunting, cutter, sampai lagu-lagu pengiring dari Hillsong sampai Limp Bizkit!

Berikut ke-4 desain styrofoam itu :

Bright Future Program (konsep : cerah, kaya warna, karena proyek ini bersangkutan dengan dunia anak-anak). Paling menyenangkan untuk dikerjakan!

Bright Future Program Styrofoam Design

Young Entrepreneurs (YEs) Project (konsep : mengambil tema modern, mengusung warna hitam, putih, biru, dan merah sebagai aksen. Proyek yang didesain untuk menolong kaum muda dalam mengembangkan daya, kreasi, dan sumber daya yang ada agar mampu membuat lapangan pekerjaan sendiri).

Young Entrepreneurs Project

Our Family Future (OFF) Project (konsep : memadukan 2 warna segar yaitu hijau dan orange. Menggambarkan tujuan dari proyek ini adalah menjadi landasan suatu keluarga meraih masa depan yang cerah. Dalam hal ekonomi, pengetahuan, dan bantuan lainnya). Merupakan desain yang paling menyita waktu, pikiran, dan kesabaran. Khususnya untuk mengerjakan pola vertikal dan horizontal orange diselingi hijau.

Our Family Future Project

SAMKY (Unity) Project (konsep : dengan warna hijau dan marun ingin memunculkan kesan ‘agriculture’ style. Dengan sedikit aksen pola daun di keempat sudut. Proyek ini memfokuskan diri menolong pengembangan kehidupan masyarakat di desa. Dengan memfasilitasi hal-hal yang diperlukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa).

SAMKY Project

Tuhan yang menyelesaikannya! ^0^

6 thoughts on “3D Styrofoam Project

  1. bagus sekali ya. mau tanya, cat styrofoam itu namanya apa dan harganya brapa ya? soalnya styrofoam klo ngga bolong-bolong, warnanya seperti tidak mau nyampur. apa ada cat yg tidak terlalu mahal dan bisa diaplikasikan untuk itu?

  2. Salam kenal Mbak Arinni.
    Pertama-tama terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Saya pun masih belajar dalam berkarya dengan bahan styrofoam.

    Saya hanya bertanya ke penjualnya,” Apakah ada cat yang cocok buat bahan foam/styrofoam?” dan si mbak penjual menunjukkannya. Jadi saya pun menyebutnya “cat styrofoam”, saya lupa merknya..

    Benar, bahwa seringkali cat itu tidak merata atau karena styrofoam permukaannya kadang banyak bolong-bolongnya, maka setelah di cat, masih ada bagian yang putih-putih. Apa yang saya lakukan adalah meramu cat itu di palet terlebih dulu, tanpa sama sekali menggunakan air (karena cat yg saya beli itu memang utk dipakai tanpa air sama sekali), jadi cat ini begitu kental dan cukup baik utk diwarna ke permukaan styrofoam.

    Saya pikir, cat ini bisa ditemukan dimana saja, di toko cat, atau di toko stationery, intinya cat ini bukan cat air atau cat yang memerlukan air, tetapi cari cat yang memiliki tingkat kepekatan / kekentalan yang tinggi. Sehingga baik utk ditaruh di styrofoam.
    Selamat mencoba!

  3. Super keren. Jadi inget Styrofoam yang dulu hehe 😀

  4. Mas, saya mau tanya, kalau kita mengerjakan kerajinan styrofoam dng ketebalan 1 s/d 2 cm masih bisa dipotong dengan gergaji styrofoam yg bentuknya spt gergaji triplek, tp bagaimana kalau kita ingin buat boneka dari styrofoam balok, bisa dipotong dengan apa ya, kl hanya menggunakan cutter biasanya potongannya nggak bisa halus n presisi.

    • maaf baru balas. Saya tahu nya dari temen saya namanya “cutting laser”, jadi karena dia menggunakan kawat dipanaskan, jadi bisa untuk membentuk styrofoam.
      Didapatkan di toko ATK.
      Smoga membantu.

  5. kak,, bagus banget design.nya,, kak mau nanya untuk gambar ke 2 itu gambar orangnya dari kertas apa dari styrofoam juga?…

Leave a Reply

